×
Garagara Traveler
Created By Adminstrator

Gunung Pundu Nence (Punce)



Photo By : Raka Mariko


Gunung Pundu Nence sering juga disebut Punce terletak di desa lelamase kecematan Rasanae'e Barat. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai desa Lelamase sekitar 20 - 30 menit dari Kota Bima
Setibanya di Lelamase, anda bisa langsung menemui ketua RT setempat untuk meminta izin pendakian. Walaupun kawasan Gunung Pundu Nence merupakan kawasan cagar alam, anda tidak perlu mengurus Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) ataupun membayar biaya wajib untuk memasuki kawasan konservasi. Setelah mendapatkan izin, anda bisa memulai pendakian anda dan bagi yang membawa kendaraan, bisa memarkirkan kendaraan anda di sini.
Wisata
Gunung Pundu Nence memiliki ketinggian puncak sekitar 1050 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan puncak teritinggi di Kota Bima. Di jalur awal pendakian dari Lelamase, trek yang pertama akan anda temui merupakan jalur turunan, bukan menanjak. Di sekitar anda juga merupakan lahan penduduk sehingga perjalanan terasa cukup terik karena hanya ada sedikit pepohonan yang tumbuh sepanjang jalur. Kemudian, setelah anda melewati aliran sungai, barulah jalur pendakian anda menanjak menaiki bukit.
Perjalanan masih terasa terik karena suasana masih sama seperti jalur turunan sebelumnya, barulah setelah anda tiba di atas bukit, anda akan tiba di sebuah dataran yang cukup teduh karena sudah ditumbuhi pepohonan. Dataran ini dikenal dengan sebutan café.
Selanjutnya, anda akan menuju pos air 1 dimana anda dapat menemukan sumber air di pos tersebut. Sepanjang perjalanan sudah mulai teduh dan agak tertutup serta ditumbuhi juga oleh jenis-jenis ilalang dan semak.
Dalam perjalanan menuju pos air 1, anda bisa menemukan benda bersejarah yang diperkirakan merupakan peninggalan dari jaman Belanda. Benda bersejarah tersebut adalah tiga buah meriam serta satu buah cobek dengan ukuran yang sangat besar. Setibanya di pos air 1, anda bisa mengisi persediaan air anda karena terdapat sumber air yang cukup melimpah.
Kemudian, tujuan selanjutnya adalah pos air 2. Dari pos air 1 menuju pos air 2, perjalanan bisa sedikit lebih nyaman karena sudah banyak ditumbuhi pepohonan sehingga perjalanan bisa terasa lebih teduh. Jalur juga cukup lebar sekitar 1,5 hinga 2 meter. Yang cukup menarik dari Gunung Pundu Nence, banyak lokasi yang terbuka ditumbuhi rumput hijau, sehingga mirip dengan lapangan golf.
Tetapi, walaupun terlihat indah, perjalanan melewati lapangan ini cukup kurang nyaman karena terasa sangat terik. Kemudian, setelah mencapai pos air 2, suasana terasa lebih teduh dan anda pun bisa menemukan kembali sumber air. Isilah persediaan air anda di sini, karena merupakan sumber air terakhir sebelum mencapai puncak.
Selanjutnya, anda tinggal melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Pundu Nence. Jalur menuju puncak ini cukup sulit karena jalur terus-terusan menanjak, bahkan jalur ini pun dinamai Bukit Penyesalan. Setelah melewati jalur tersebut, maka anda akan tiba di puncak Gunung Pundu Nence. Puncak ini cukup terbuka, sehingga anda bisa melihat pemandangan sekitar dengan leluasa.
Di barat, anda bisa melihat panorama sunset apabila berada di puncak ketika senja, atau anda bisa melihat sunrise yang sangat cantik dan ditunggu-tunggu oleh para pendaki di arah timur. Kemudian, jika anda melayangkan pandangan ke arah utara, maka anda bisa melihat Gunung Sangiang yang berdiri kokoh.
Anda pun dapat menemukan kebun edelweiss yang boleh dipetik. Namun, untuk menjaga kelestariannya dan keindahan Gunung Pundu Nence, ada baiknya dibiarkan saja di tempatnya. Lama pendakian dari Lelamase menuju puncak Gunung Pundu Nence kurang lebih sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan. Gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula.
Sekian Postingan saya kali ini semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Gunung Pundu Nence (Punce)"

Back To Top